Bimbingan Teknis dan Sertifikasi K4 Petugas Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi Tahun 2024

Randy Pesiwarissa, S.Si.T Berita Dinas 03 Juni 2024 9 kali Bimbingan Teknis dan Sertifikasi K4 Petugas Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi Tahun 2024 Tiakur, 31 Mei 2024: Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya, Drs. Daud Reimialy, memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis dan Sertifikasi K4

Maluku Barat Daya, 31 Mei 2024 - Untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja konstruksi di Kabupaten Maluku Barat Daya, diadakan Bimbingan Teknis dan Sertifikasi K4 Petugas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Konstruksi. Acara ini bertujuan membantu peserta memahami dan menerapkan K3 di tempat kerja, serta mengelola risiko pekerjaan dengan lebih baik.

Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya, Drs. Daud Reimialy, menyoroti rendahnya produktivitas tenaga kerja konstruksi akibat kurangnya keterampilan bersertifikat serta minimnya akses pelatihan. Melalui acara ini, diharapkan peserta dapat memahami pentingnya K3, menilai risiko pekerjaan, dan menerapkan langkah-langkah pencegahan yang efektif, sehingga proyek konstruksi berjalan lebih cepat, biaya proyek ditekan, dan keselamatan pekerja terjamin.

Detail Acara

  • Hari: 31 Mei dan 3 Juni 2024
  • Pukul: 09.00 WIT
  • Tempat: Ruang Rapat Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman
  • Peserta: ASN, Pegawai Kontrak, dan Asosiasi Pengusaha dalam lingkup Kabupaten Maluku Barat Daya

Narasumber

Ken Nomen Behuku, ST, MT, Kepala Seksi Pemberdayaan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Maluku, akan menjadi pembicara utama, dengan materi mencakup:

  • Peraturan keselamatan konstruksi
  • Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK)
  • Manajemen Konstruksi

Metode Pelatihan

Pelatihan ini mencakup evaluasi dan ujian oleh Asosiasi Tenaga Teknik Konstruksi Indonesia (Astekindo). Peserta yang mengikuti seluruh rangkaian kegiatan akan memperoleh sertifikasi K4 yang diakui secara nasional.

Testimoni Peserta

Peserta memberikan testimoni positif mengenai materi dan keterampilan praktis yang mereka peroleh, yang sangat bermanfaat untuk proyek konstruksi di tempat kerja mereka.

Dampak dan Harapan

Pj. Sekda berharap pelatihan ini mempercepat jadwal proyek, menurunkan biaya, meningkatkan return of investment, serta menjamin keselamatan pekerja konstruksi. Sertifikat yang diperoleh diharapkan dapat meningkatkan mutu jasa konstruksi sesuai dengan UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

Bimbingan Teknis dan Sertifikasi K4 Petugas K3 Konstruksi 2024 diharapkan dapat meningkatkan kualitas tenaga kerja konstruksi di Kabupaten Maluku Barat Daya, menjadikan mereka lebih produktif, aman, dan efisien, serta memberikan kontribusi positif bagi perkembangan sektor konstruksi di Indonesia.